Menjadi Dokter Ayam Aduan : Part 1

Ayam Tedun/Turun Urat
Ayam tedun/turun urat  bisa  dikenali dengan ciri kaki yang pincang serta kaki sebelah sering di angkat. Beberapa cara mengatasi:
1. Buatkan lubang lalu isi air, rendam kaki ayam tiap hari.
2. Penyakit tedun ringan cukup dengan memberikan makanan daging kambing segar tiap 2 hari sekali dengan porsi sebesar jari jempol.
3. Tumbuk daun sereh hingga hancur, lalu tempelkan pada kaki ayam yang mengalami turun urat. Setelah itu, bungkus menggunakan perban atau kain, lakukan cara ini rutin setiap hari sampai benar-benar sembuh. Selengkapnya bisa baca artikel Perawatan Ayam Bangkok Ketika Turun Urat.

Ayam Bubul
Ayam bubul bisa dilihat di telapak kakinya seperti ada kotoran keras menempel, jalannya pincang. Beberapa cara mengatasi:
1. Kaki dibersihkan dulu/disikat, setelah itu diolesi kapur campur kunyit.
2. Bubul ayam direndem dulu pake air hangat terus di sikat sampai bersih sambil di kelupasin bubul luarnya terus saya tempelin kapur sirih yg dicampur detergen  sama garam terus diplester terus menerus sampe bubulnya copot sendiri.
3.  Meletakkan telapak kaki ayam pada lumpur rinso atau garam.
4.  Menggunakan kanterpain, obat kutil Colomac dan Koyo Cabe.
5.  Menggunakan paku yang di bakar. Tempelkan paku panas pada mata bubul (jangan sampai terkena bagian yg sehat) sampai ayam merasa panas ditandai dg menghentakkan kaki. Ulangi 3 sampai 4 kali. Lakukan pengobatan selama 3 hari.
Atau baca artikel selengkapnya pada Tips Mengobati Penyakit Bubul Pada Ayam Aduan.

Ayam Manic/Goham
Ayam manic/Goham yaitu bintik-bintik putih kekuningan yg berada di tenggorokan ayam (kalau manusia disebut sariawan). Beberapa cara mengatasi:
1.  Setiap malam dikasih madu asli.
2.  Menggunakan Ester C ( vit C dosis tinggi ) + antibiotik ( Amoxan ).
3.  Tetrachlor
4.   Obat goham bahan dasarnya (generik) ada 4 jenis: Metronidazol, Carnidazole, Dimetridazole, dan Ronidazole. Yg paling mudah didapat di apotik di Indonesia adalah Metronidazole dgn harga yg relatif murah.
5.  Menggunakan bahan alami: 1) Rebusan kacang hijau air dan kacang hijaunya dikasihkan, 2) Rebusan daun sirih yg dicamur dengan garam. 3) Remasan daun kemangi. 4) Ulat daun pisang. 5) Perasan jeruk nipis. 6) Blimbing wuluh/sayur.
Selengkapnya baca di artikel Beberapa Cara Mengobati Penyakit Manik/Goham Pada Ayam Aduan.

Ayam Kurapan
Ayam kurapan sering menyerang bagian kepala dan jengger ayam yaitu berupa jamur putih. Beberapa cara mengatasi:
1.  Oleskan belirang atau pace/mengkudu
2.  Mandikan dengan air daun sirih, caranya rebus daun sirih, lalu dinginkan dan mandikan.
3.  Oleskan "minyak rem" apapun merknya, biasanya yg tipe DOT 3 untuk dioleskan ke bagian kulit yang terserang korep. Sambil mengoleskan minyak rem, korep yg ada kita gosok hingga lepas dari  kulit ayam. Setelah korep benar-benar  bersih, oleskan sekali lagi minyak rem tadi ke bagian yg sakit. Selama pengobatan, tempatkan ayam pada tempat yang teduh & kering, dan terhindar dari sinar matahari. Ayam jangan kena air & tidak perlu dijemur.
4.    Ayam kurap di kaki, sikat pakai minyak tanah, kemudian oleskan kapur+kunyit.
Baca selengkapnya pada artikel  Beberapa Cara Mengatasi Kurap/Jamur Pada Ayam Aduan.

Ayam Lumpuh
Ayam lumpuh, ayam yang tiba-tiba lumpuh tidak berdaya. Ayam lemas dan hanya tidur hingga bahkan untuk berdiri saja tidak bisa. Beberapa cara mengatasinya:
1.    Diboboki/diloloh daun kemangi dicampur ragi tape.
2.    Daun Serai. Cara menggunakannya yaitu dengan menempelkan daun serai yang ditumbuk pada bagian yang terlihat sakit pada ayam. Penempelan dilakukan dengan bantuan kain perban selama 2 hari hingga diganti dengan yang baru jika belum sembuh.
3.    Obat Tradisional. Cara membuatnya yaitu sediakan bawang merah, cabe merah, dan jahe dengan perbandingan 1 : 2 : 2. Semua bahan ditumbuk halus kemudian cekoki ayam dengan obat ramuan tersebut. Lakukan sehari sekali saat malam hari. Jika di pagi hari ayam belum terlihat perubahannya, lakukan terus berulang-ulang hingga hasilnya dirasa memuaskan.
4.    Multivitamin. Selain dengan menerapkan pengobatan, ada baiknya ayam yang lumpuh juga diberi multivitamin khusus. Multivitamin penting diberikan untuk menjaga kekebalan tubuhnya yang melemah akibat malas makan. Adapun merk multivitamin yang banyak dianjurkan sebagai obat ayam lumpuh oleh para botoh adalah multivitamin Jalu Aji Ginseng Plus atau Becomp Plus yang dapat dibeli di apotek  terdekat.
5.    Asupan Pakan, asupan pakan ayam harus benar-benar diperhatikan. Ayam yang lumpuh biasanya akan malas makan dan minum, oleh karena itu sebagai tuannya, kita harus menyuapinya untuk menjaga kondisi perutnya agar tidak kosong.
6.    Memijat bagian tubuh ayam yang sakit dengan salep atau minyak tawon, terutama jika pengobatan dengan daun serai tidak dilakukan. Hindari memandikan atau menjemur ayam sampai kondisi ayam lumpuh benar-benar pulih. Usahakan kandang ayam selalu dalam keadaan hangat di malam hari. Caranya yaitu dengan menyelambuinya kandang bagian luar dengan kain rapat. Berikan obat penambah darah 1 tablet 2 hari sekali agar tubuhnya tetap fit. Obat penambah darah yang bisa diberikan misalnya Sangobion. Berikan pula bawang merah 1suing setiap pagi untuk nafsu makan ayam aduan yang lumpuh dapat tetap terjaga.
Baca selengkapnya pada artikel Beberapa Cara Mengobati Ayam Aduan Lumpuh/Turun Urat.

Ayam Kena Jalu
Ayam kena jalu. Beberapa cara mengatasi:
1.    Bersihkan dengan air garam atau air sirih hangat, vetsin/micin juga bisa,atau bubuk arang.
2.    Lukanya dibersihkan dengan alkohol / antiseptik atau mandikan dengan antiseptik
(rendam ). Bila  hanya sebesar lobang  < 3 mm cukup dimasukan salep teramycin kelobang jalu untuk kasus ini berikan peroral Ampisillin cap 250 berikan  2 kali sehari selama 3 hari. Bila lebar luka perlu dijahit  dan dalam kasus tertentu ayam menderita luka jalu yang banyak sekali  harus disuntik Terramycin 1CC dan peroral 250 mg ampisillin 2 kali sehari selama 3 atau 4 hari .Selama masa pengobatan jauhkan dari lalat dan jangan dimandikan.
3.    Berikan obat seperti amoxcilin, supertetra, domex dan juga vitamin seperti B komplek untuk mempercepat memulihkan luka dan stamina. Baca selengkapnya pada artikel Beberapa Cara Mengobati Ayam Kena Pukul Jiling/Jalu.

Ayam Patuk Lepas
Ayam patuk lepas. Beberapa cara mengatasi:
1.    Penanganan pertama adalah dengan menjarangi dengan air hangat kemudian diberikan obat anti inflamasi baik trombophop atau lainnya. Hal yang mungkin rutin adalah dijarangi dengan air hangat dan oleskan kunir atau kapur sirih pada pagi dan sore hari.
2.    Oleskan blimbing wuluh, bawang putih atau mentega.
Baca selengkapnya pada artikel Beberapa Cara Mengobati Paruh Ayam Patah/Lepas

Ayam Ngurak
Ayam ngurak. Beberapa cara mengatasi:
1.    Pada masa ganti bulu, sebaiknya ayam diberikan Pakan Ayam Petelur dengan kadar protein 16%, sedangkan pakan ayam yang lain sangat tidak cocok, karena kandungan kalori dan protein yang terlalu berlebih. Hal ini ditujukan untuk menghindari terjadinya kegemukan pada ayam, yg berakibat penumpukan pada tulang dada dan hal ini akan sangat mengganggu stamina ayam.
2.    Pada saat ganti bulu, ayam aduan tidak memerlukan pemberian MINYAK IKAN yg berlebihan. Ini bisa dinilai dari sehelai bulu ayam yg mengandung 85% protein, 2.5% lemak, 1.5% serat kasar, 0.2% kalsium dan 0.75% phosporus (berdasarkan penelitian Charoen Phokpand). Jadi dengan dilihat komposisi kandungan bulu, maka ayam tidak memerlukan minyak ikan. Namun pada saat ganti bulu,ayam lebih membutuhkan protein, vitamin dan mineral yg cukup.
3.    Pada waktu ganti bulu, ayam tidak membutuhkan tenggaran/umbaran yg rutin, ayam cukup diumbar 3 hari sekali saja untuk mengepakkan sayam dan melemaskan otot yg kaku. Memegang ayam yang berganti bulu juga harulah berhati-hati, karena bulu masih muda dan teras sakit bila dipegang. Dan kemudian jangan sesekali ayam yang sedang berganti bulu dikumpulkan atau digabungkan dengan ayam betina, karena bulu mengandung phosporus yg tinggi, yg merupakan makanan yang paling diminati dan santapan lezat bagi ayam betina. Demikian juga bila dijadikan pemacek, maka perhatikan kebutuhan karbohidratnya, jika kekurangan maka napsu kawin akan menjadi menurun dan sebaliknya jika pemberian karbohidrat berlebihan maka ayam akan menjadi terlalu gemuk yang juga dapat menurunkan nafsu kawin.
4.    Kemudian, selama periode penggantian bulu yang biasanya memakan waktu beberapa bulan, jangan lupa untuk memperhatikan kandang ayam, jangan sesekali menempatkan ayam yang memiliki sudut2 kandang yang cukup tajam yang dapat mengganggu pertumbuhan bulu dah bahkan bisa merusak bulu mudah yang baru tumbuh. Hal ini juga harus menjadi perhatian karena jangan sampai seluruh upaya keras kita di dalam menjaga pola makannya akan menjadi sia-sia belaka karena penempatan kandang ayam yang tidak tepat. Dengan kata lain, untuk ayam yang sedang mengalami penggantian bulu, mulai dari makanan, pengumbaran, dan penempatan kandangnya tetap harus menjadi perhatian kita agar proses penggantian bulu dapat berjalan dengan sempurn
5.     Setiap pagi mandikan dgn air beras + bawang merah. Baca selengkapnya pada artikel Poin-Poin Merawat Ayam Aduan Mabung/Ngurak/Nyulam/Ganti Bulu

 Sekian dulu, baca lagi pada part 2 nya. Semoga bermanfaat. Salam penghobi ayam laga.


Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Steven
admin
2 August 2019 at 15:41 ×

Tajen atau sabung ayam pisau merupakan sebuah budaya sabung ayam yang dinamakan sesuai penamaan masyarakat Bali.

Online atau siaran online yang mempunyai siaran live streaming secara langsung yang berada S128 dan bisa melakukan taruhan.

Silakan Kunjungi Artikel Tajen Online

Manfaat Anggur Untuk Ayam Kuat Aduan
Manfaat Tempe Mentah Pertarungan Ayam Aduan

Dan dapat Hubungi Kontak Whatsapp Kami +62-8122-222-995

Congrats bro Steven you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Mari berdiskusi di kotak komentar, terimakasih. Salam penghobi ayam. ConversionConversion EmoticonEmoticon